Sabtu, 02 November 2013

TOKOH TOKUSATSU DARI BERBAGAI NEGARA

LATAR BELAKANG DAN SEJARAH

Istilah tokusatsu merupakan kependekan dari istilah tokushu satsuei sebuah istilah bahasa Jepang yang bisa diterjemahkan sebagai "special photography" yang mengacu pada penggunaan efek khusus (special effects). Biasanya, dalam sebuah film atau pertunjukan, orang yang bertanggung jawab untuk urusan efek khusus seringkali dipanggil dengan julukan tokushu gijutsu yang berarti "special techniques" (istilah yang dulu digunakan untuk menyebut "special effects"), atau tokusatsu kantoku.
Dulu di Jepang, tokusatsu sangat populer terutama di kalangan anak-anak. Tapi seiring berjalannya waktu, tokusatsu sempat mulai ditinggalkan. Banyak kalangan menilai, tokusatsu merupakan film yang ditujukan kepada anak-anak, meski realitanya, sebagian tokusatsu memiliki jalan cerita yang cukup kompleks yang sulit dipahami anak-anak. Selain itu, pamor tokusatsu kalah dibanding anime dan manga yang sekarang sudah sangat populer di seluruh dunia. Akan tetapi, hal itu tidak membuat para perusahaan pembuat tokusatsu menyerah. Mereka mengubah jalan cerita dari tokusatsu itu menjadi lebih lucu dan menarik untuk menggairahkan kembalitokusatsu yang sempat meredup.

Tokusatsu adalah salah satu bentuk hiburan Jepang yang sangat populer, dan memiliki banyak genre, misal Kaiju monster (seperti Godzilla atau Gamera), Kamen Rider (Ichigo, Nigo, hingga yang terbaru seperti Kamen Rider Wizard), Metal Hero (Gaban Spielban), dan banyak lagi. 

Pembahasan 

Saat ini tokusatsu sudah sangat menglobal dan banyak digemari oleh anak-anak, remaja bahkan orang dewasa di seluruh dunia, karena itu dari berbagai negara seolah tak mau kalah ingin berpartispasi dan berkreasi berlomba-lomba menciptakan superhero ala jepang ini dengan sentuhan dan cirikhas negara masing-masing. Seperti Indonesia dengan Bima Satria Garuda-nya yang jadi terobosan baru bagi dunia hiburan televisi tanah air yang telah lama dikuasai oleh sinetron dan acara musik di pagi hari yang selalu monoton, atau Airforce dari korea yang mencoba menyaingi bermacam-macam Korean drama yang jadi primadona di negeri ginseng tersebut. 

Cukup sekian perkenalan dengan “Tokusatsu” silahkan langsung saja berkenalan dengan para Pahlawan Tokusatsu berikut ini: 

    1.  Bima Satria Garuda (Indonesia)

Adalah sebuah serial tokusatsu Indonesia. Bima Satria Garuda merupakan hasil kerja sama MNC Media atas inisiatif Reino Barack, dengan Ishimori Productions, pembuat serial Kamen Rider. Dibintangi oleh Christian Loho, Rayhan Febrian, Stella Cornelia (JKT48), Adhitya Alkatiri, dan Sutan Simatupang, Bima Satria Garuda ditayangkan di RCTI mulai 30 Juni 2013, setiap hari Minggu pukul 08.30 WIB dengan tayangan ulangnya pada hari Sabtu pukul 15.00 WIB.

Bima Satria Garuda adalah serial pahlawan super yang terinspirasi dari serial tokusatsu Jepang "Ksatria Baja Hitam" (istilah pelokalan yang pernah digunakan RCTI untuk serial "Kamen Rider Black" dan "Kamen Rider Black RX") yang populer di Indonesia, namun dikemas dengan nilai-nilai dan budaya Indonesia untuk menjadi pahlawan super baru Indonesia. Lokasi syuting BIMA diambil di Indonesia, khususnya di Jakarta.

Menurut Reino Barack, Wakil Presiden Senior PT. Global Mediacom sekaligus Produser Eksekutif serial ini, "Bima Satria Garuda" juga ditujukan untuk menjadi sebuah model bisnis baru di dunia hiburan di Indonesia yang menawarkan jasa kampanye produk baru dalam bentuk licensing, sponsor, built in advertising dan merchandising pada para sponsor dan pengiklan.

MNC Media (yang mayoritas sahamnya dimiliki Global Mediacom) bekerja sama dengan Itochu yang akan menjadi pemegang lisensi utama untuk "Bima Satria Garuda" dalam membangun bisnis licensing yang dikembangkan di Indonesia. Itochu adalah salah satu perusahaan konglomerat terbesar dari Jepang yang banyak bergelut dalam bisnis licensing di dunia, sekaligus menanamkan modal di Ishimori Productions sejak tahun 2007.
MNC Media juga bekerja sama dengan Bandai untuk memproduksi merchandise
mainan "Bima Satria Garuda" yang dirilis di Indonesia sejak penayangan perdana serial ini tanggal 30 Juni 2013. 


2. Fantasy Rayforce (Korea Selatan)(Sigong Jeongi Reiposeu, Time-Space Chronicle Rayforce.) Adalah sebuah serial televisi anak-anak di Korea Selatan yang diproduksi oleh MMORPG developer T3 Entertainment. Acara ini direncanakan berlangsung selama dua musim dengan 26 episode. Rayforce diciptakan sebagai jawaban atas popularitas tokusatsu superhero jepang di Korea, beserta dengan versi video game dan mainan/figure.

Serial ini dijadwalkan disiarkan di Korea Selatan pada pertengahan 2010. Hak siar juga telah dijual kepada lembaga penyiaran di Thailand dan negosiasi sedang berlangsung untuk penyiaran di Taiwan, Hong Kong, dan Filipina. Pada Januari 2012, seri belum ditayangkan dan disimpan karena kurangnya investor.


3. Erexion (Korea Selatan)

Walaupun judul nama drama ini sangat ganjil ditelinga kita namun drama ini sebenarnya adalah sebuah serial drama anak-anak yang ditayangkan pada tanggal 24 November 2006 di Korea Selatan. Serial ini diproduksi oleh Chungam Entertainment dan ditayangkan di KBS 2 .
Formatnya mirip dengan tokusatsu produksi Jepang . Ketujuh anggota didasarkan pada tujuh hari kalender Asia ( Matahari, Bulan , Api, Air , Kayu , Logam , Bumi). Di planet Airon yang jauh, terdapat menara Kristal yang disebut "The Crystal " yang menjadi sumber energi yang menjaga galaksi dalam sebuah keseimbangan.


4.  Vectorman (Korea Selatan)


Vectorman adalah drama serial dari Korea Selatan yang telah ditayangkan pada tahun 1999. Cerita vectorman bermula pada seribu tahun yang lalu, ketika Venus diserang dan peradaban di sana telah dihancurkan oleh Kekaisaran untuk mengeruk sumber daya alamnya, Putri Ledia melarikan diri ke bumi membawa sebuah peralatan untuk menciptakan dan melatih pahlawan bernama Vectormen untuk mempertahankan Bumi dari Medusa, pemimpin pasukan Kekaisaran. 


5.Masked Hero Suriya (Thailand)


“Surya” seorang pembalap motor terkenal berkebangsaan Thailand yang selama ini berkarir di Jepang telah kehilangan kekasihnya “Sayaka” akibat tsunami di Jepang . Surya meninggalkan segala sesuatu dan kembali ke Thailand. Dan menghilang di hutan utara ... Bertahun-tahun kemudian, ia muncul lagi , dengan kekuatan khusus yang dapat berubah . Masked Surya... ia berjuang melawan suku-suku di dimensi SOGA, sebuah dimensi dari dunia luar . 
Melihat keseriusan desainnya saya yakin kalau ini bukan sekedar project main-main. Selain desain kostum yang sangat keren, kostum masked rider ini juga terlihat lebih mengusung budaya setempat. Hal itu terlihat pada ornamen pada dada dan beberapa bagian lain.
Serial ini masih dalam tahap produksi dan kemungkinan tahun depan akan segera hadir dalam televisi di Thailand.


6. Adiwira Adiperkasa (Malaysia)
Seolah tak mau kalah dari Indonesia yang sudah mempunyai tokoh Tokusatsu yang fenomenal, Para pecinta tokusatsu dari indie film Malaysia menciptakan pahlawan baru dalam ranah hiburan.

Bercerita tentang baju tempur atau Armor yang dikenakan oleh pahlawan legendaris pada era kuno yang melawan penjahat / monster. Armor ini kemudian diteruskan ke generasi-generasi berikutnya dan menjadi dikenal sebagai Adiwira Adiperkasa.

Armor ini didasarkan pada tema harimau (Ksatria Macan Malaya) dan senjata utamanya adalah Keris belati ( ternyata senjata Keris juga ada di Malaysia). Dalam gambar proyek pra-desain, ia memiliki gadget untuk mengubah, gelang yang disebut DX gadget di lengan kirinya.


Armor, terutama helm juga menyerupai prajurit pakaian Melayu. Helm terlihat seperti 'tengkolok' (Hiasan kepala prajurit Melayu. Sama seperti yang dikenakan oleh Hang Tuah).

Tokusatsu milik negeri jiran ini masih belum jelas apakah serial ini akan diproduksi secara komersial atau tidak. Sama seperti Masked Hero Surya, kostum Superhero malaya ini juga terlihat lebih mengusung budaya setempat. Hal itu terlihat pada Senjata/Weapon dan Helm.
7. Super Fly ~Machi Action~ (taiwan)
Sebenarnya ini bukan serial pahlawan pembela kebenaran, tapi sebuah film drama-komedi yang menceritakan tentang aktor yang memerankan seorang superhero. Namun TS mempertimbangkan masuk dalam daftar karena desain dari tokoh ini sangat kental bernuansa tokusatsu.


Bercerita tentang Seorang aktor terbuang Tie Nan (Chen Bo Lin) merasakan mimpi masa kecilnya hancur ketika produsen acara di mana ia memainkan peran pahlawan, menggantikan perannya dengan aktor berwajah segar ternama (Owodog Zhuang). Bersama sahabatnya dan Si Bintang Besar (Qiu Yanxiang), Tie Nan menetapkan untuk menemukan pertunjukan akting baru yang akhirnya menyebabkan dia untuk menemukan kembali dirinya sendiri, dan membuatnya sadar apa yang membuat seseorang menjadi pahlawan dalam arti sebenarnya.
8.Jushen Zhan Ji Dui (China)


Dari negara yang sama yang telah membuat Armor Hero, China, nampaknya telah mulai memiliki serial Super Sentai mereka sendiri, dengan nama Jushen ZhanJiDui. 
Penayangan serialnya sendiri dikatakan akan dilakukan akhir tahun ini.
Tidak akan menjadi sebuah pertunjukan “sentai” tanpa mecha mereka, atau yang disebut Megazord. Di bawah ini adalah tiga tim mecha mereka – Giant God Team Robot, Giant Land Team Robot, dan Giant Sky Team Robot.
Giant God Team Robot dapat terbentuk dari 5 Holy Beasts, Giant Land Team Robot dengan 4, and Giant Sky Team Robot dengan 3. Dikatakan bahwa masing-masing dapat bergabung dengan tim lain dan membentuk “mecha dari 8” atau yang paling banyak, “mecha dari 12”!
Pada tahun 2010 silam, Cina sudah pernah menciptakan sentai mereka sendiri dalam bentuk animasi 2D Shénshòu j
īngāng. Serial tersebut memiliki 46 episode, dan banyak orang menganggap bahwa serial tersebut telah meniru sentai Jepang Kyouryuu Sentai Zyuranger pada mecha God Beast-nya.


nah itu sedikit info tentang tokusatsu dari beberapa negara di dunia ini 


4 komentar:

  1. Lama Amat Yak? Kan Sekarang Kamen Rider Udh Sampai Terakhir Heisei/Kamen Rider Zi-O (terakhir heisei) sudah rilis..... jangan jangan Copast? YA???

    BalasHapus
  2. Lama Amat Yak? Kan Sekarang Kamen Rider Udh Sampai Terakhir Heisei/Kamen Rider Zi-O (terakhir heisei) sudah rilis..... jangan jangan Copast? YA???

    BalasHapus

hua

sassssss