Sabtu, 02 November 2013

Taekwondo




Taekwondo Merupakan salah satu seni beladiri yang berasal dari negara Korea yang mengajarkan keahlian fisik untuk bertarung, kemudian juga mengajarkan kedisiplinan dengan melatih tubuh dan pikiran.
Secara bahasa, taekwondo berasal dari kata “Tae”, “Kwon” dan kata “Do. Tae berarti kaki atau bisa juga diartikan dengan langkah kemudian kata “Kwon” berarti tinjuan, pukulan dengan tangan dan kata “Do” yang berarti cara atau seni. Apabila ketiga kata tersebut disatukan maka ada dua konsep yang bisa kita lihat dalam taekwondo yaitu:

1. Taekwondo adalah suatu cara dalam menggunakan tangan dan kaki atau seluruh organ tubuh yang dapat mengartikan pukulan dan tendangan.
2. Taekwondo merupakan suatu cara untuk mengontrol atau melawan dengan tenang demi menjaga perdamaian.
Atau dengan kata lain Taekwondo merupakan suatu usaha atau cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menahan terjadinya perkelahian agar kedamaian dapat tercipta di muka bumi ini.

Sejarah Taekwondo

Taekwondo telah dikembangkan selama 5000 tahun sejarah korea dengan penyebutan yang beragam. Di korea taekwondo awalnya dikenal sebagai seni beladiri yang disebut “Subak” atau “Taekkyon” dan dikemabangkan sebagai cara untuk melatih tubuh dan pikiran dalam masa kerajaan kuno dari Koguryo dengan nama Sunbae. Pada masa Shila, ini menjadi tulangpunggung dari Hwarangdo yang bertujuan untuk mengkader pemimpin-pemimpin negeri.

Taekwondo masa kini

Taekwondo sebenarnya mirip degan seni beladiri lain di negara-negara timur. Karena perkembangan dari aliran-alirannya, taekwondo memiliki keungggulan dan perbedaan gaya dari seni beladiri yang sudah ada seperti di korea, jepang dan china.
Taekwondo sangat berbeda dengan seni beladiri yang lainnya. Pertama, secara fisik gerakan-gerakan taekwondo sangat dynamis. Kedua prinsip gerakan-gerakannya berhubungan dengan pikiran dan kehidupan sebagai satu kesatuan. Ketiga taekwondo memiliki banyak sikap yang dinamis dari cara pandang yang lain.
Saat ini taekwondo telah seni beladiri modern yang menampilkan keindahan-keindahan serta kelenturan gerakan yang sangat atratctive.

Tingkatan dalam taekwondo.

Dalam taekwondo, level setiap taekwondoin menggunakan istilah "GEUP" yang meiliki unit pengukurannya dari 10 hingga 1.  Selain tingkatan dengan geup tersebut secara simbolik dapat diketahui geup seorang taekwondoin dengan melihat sabuk yang dikenakan. Karena setiap geup diwakili  dengan warna sabuk yang berbeda. Berikut urutan-urutan level yang diterapkan dalam taekwondo.

Geup 10  -  Menggunakan sabuk berwarna putih

Geup 09  -  Menggunakan Sabuk berwarna kuning

Geup 08  -  Menggunakan Sabuk berwarna kuning strip hijau

Geup 07  -  Menggunakan Sabuk berwarna hijau

Geup 06  -  Menggunakan Sabuk berwarna hijau strip biru

Geup 05  -  Menggunakan Sabuk berwarna biru

Geup 04  -  Menggunakan Sabuk berwarna biru strip merah

Geup 03  -  Menggunakan Sabuk berwarna merah

Geup 02  -  Menggunakan Sabuk berwarna merah dengan 1 strip  hitam

Geup 01  -  Menggunakan Sabuk berwarna merah dengan 2 strip  hitam

Setalah geup 01 sudah tidak menggunakan istilah geup lagi tapu berubah dengan istilah DAN. Saat menyandang level DAN sabuk yang digunakan berwarna hitam. Untuk DAN sendiri memiliki beberapa tingkatan dimana tingkatannya juga menggunakan angka dari 1 - 9. Perbedaannya dengan geup adalah metoda penghitungannya. Jika geup dimulai dari bilang besar ke kecil sedangkan DAN dimulai dari perhitungan kecil ke besar.

DAN I (Il DAN) - Menggunakan sabuk berwarna Hitam

DAN II (Yi DAN)- Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 1 strip berwarna 
putih

DAN III (San DAN) - Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 2 strip berwarna putih

DAN IV (Sa DAN)- Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 3 strip berwarna putih

DAN V (Oh DAN)- Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 4 strip berwarna putih

DAN VI (Yuk DAN)- Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 5 strip berwarna putih

DAN VII (Chil DAN)- Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 6 strip berwarna putih

DAN VIII (Pal DAN)- Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 7 strip berwarna putih

DAN IX (Gu DAN)- Menggunakan sabuk berwarna hitam dengan 8 strip berwarna putih

Untuk DAI I s/d DAN V disebut sebagai "Yudanja" atau "Master" sedangkan DAN 
VI s/d DAN IX disebut sebagai "Kudanja" atau "GrandMaster"

Secara normal tingkata DAN tidak ada DAN setelah DAN IX, tetapi Kukkiwon sebagai organisasi yang menerbitkan sertifikat DAN hanya menerbitkan 5 lembar sertifikat DAN X untuk orang-orang yang memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap pengembangan taekwondo di dunia seperti Haeng Ung Lee dan Un Yong Kim.


1 komentar:

hua

sassssss